Apple Lakukan Update Untuk Perangkat Mac

Apple Lakukan Update Untuk Perangkat Mac

Apple Lakukan Update Untuk Perangkat Mac – Apple lakukan update diam-diam ini gara-gara ada celah yang dimanfaatkan oleh hacker untuk meretas webcam yang tersedia di perangkat Mac.

Hal ini mampu berlangsung gara-gara ada hidden situs server yang dimiliki oleh aplikasi Zoom sebagai anggota berasal dari layanannya.

Apple Lakukan Update Untuk Perangkat Mac

Karena dinilai mengancam keamanan privasi pengguna Mac, Apple memutuskan untuk menghapus server tersebut tanpa memerlukan izin berasal dari pengguna.
Apa Itu Zoom?

Buat anda yang belum tahu, Zoom merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kami untuk lakukan video conferencing dengan memanfaatkan cloud computing.

Selain itu, Zoom juga sedia kan fitur online meeting, chat, sampai mobile collaboration. Zoom sendiri bermarkas di San Jose, California.

Aplikasi ini terlalu populer. Lebih berasal dari empat juta pengguna berasal dari 750 ribu perusahaan di seluruh dunia memanfaatkan Zoom untuk lakukan konferensi video.

Sayang, aplikasi ini secara otomatis mampu memberikan pengguna ke panggilan video tanpa memerlukan izin.

Inilah keliru satu alasan mengapa Zoom mampu mengancam keamanan privasi kita.

Mengapa Zoom Berbahaya?

Celah yang dimiliki oleh Zoom ini ditemukan oleh seorang peneliti keamanan bernama Jonathan Leitschuh.

Ketika pengguna lakukan instalasi Zoom di pc mereka, secara otomatis dapat meng-install juga hidden situs server tersebut.

Hidden situs server memang dihadirkan oleh pihak Zoom untuk meningkatkan pengalaman pengguna menjadi lebih baik lagi.

Sayangnya, ternyata server ini meninggalkan celah yang lumayan lebar untuk mampu dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain penyadapan, pengguna juga mampu diperdayai lewat email, pesan, sampai situs situs untuk join ke dalam panggilan ghost video call yang target memang adalah meretas webcam.

Bahkan, anda mampu secara paksa diajak join ke panggilan Zoom yang tidak anda kenal tanpa kudu izin sama sekali.

Yang lebih parah, gara-gara server situs di-install secara segera di komputer, server situs dapat tetap tersedia meskipun udah anda udah uninstall aplikasi zoom.

Artinya, meskipun anda udah menghapus aplikasi Zoom, ancaman pada keamananmu tetap rentan dan berbahaya.

Apalagi, Zoom tidak memiliki proses pembaruan otomatis, sehingga barangkali besar banyak orang tetap memanfaatkan aplikasi Zoom versi lama yang jelas lebih rentan.
Respon berasal dari Zoom

Menanggapi penghapusan server berasal dari pihak Apple, Zoom menjelaskan bahwa mereka tidak memiliki langkah mudah bila pengguna inginkan menghapus aplikasi Zoom versi klien dan versi server.

Pengguna kudu melacak secara manual wilayah berasal dari aplikasi tersebut kemudian menghapusnya. Mereka berjanji dapat segera merilis aplikasi Unistaller App for Mac sehingga lebih mudah menghapusnya.

Juru berkata Zoom berkata di keliru satu tempat internasional bahwa mereka suka bekerja dengan Apple untuk menguji update ini demi selesaikan persoalan server yang dimiliki Zoom.

Sebelumnya, para pengguna direkomendasi untuk menonaktifkan video secara default di dalam aplikasi. Hanya saja, ternyata hal tersebut tidak cukup.

Selain itu, Zoom juga udah memberikan fitur pengingat bila udah tersedia update terbaru. Kamu juga mampu mengeceknya secara manual di pengaturan.

Apple selamanya memperbarui sistemnya saat mendapatkan malware, tapi langkah yang mereka lakukan pada Zoom ini mampu dibilang yang pertama kalinya.

Ini memperlihatkan betapa seriusnya kerentanan proses dan risiko yang mengancam pengguna Mac sejak lama.

Walaupun begitu, Zoom mengupayakan dan bergerak cepat untuk segera memperbaiki kesalahan-kesalahan yang tersedia tersebut.
Akhir Kata

Jadi, alasan Apple lakukan update diam-diam adalah demi merawat keamanan privasi pengguna.

Dengan update ini, pengguna dapat memperoleh notifikasi bila inginkan mengakses aplikasi, di mana sebelumnya terbuka secara otomatis.

Selain itu, Apple kondang terlalu ketat dalam merawat proses keamanannya, sehingga mereka dapat lakukan pergerakan-pergerakan yang cepat kalau mendapatkan celah yang mampu disalahgunakan.

Kamu mampu bernapas lega, geng, gara-gara Apple lakukan hal tersebut bukan untuk hal yang buruk. Pihak Zoom juga lakukan tindakan preventif dengan sigap.