Cara Mengatasi CPU Panas

Cara Mengatasi CPU Panas  – Prosesor yang terlampau panas menyadari tidak bagus. Selain suhu yang tinggi, ini terhitung mampu memperpendek usia prosesor Anda. Selain itu, mampu memperlambat komputer Anda atau apalagi mati secara otomatis. Untuk alasan ini, mutlak bagi Anda untuk menyadari langkah memeriksa apakah CPU / CPU Anda terlampau panas dan langkah mengatasinya.
Berapakah suhu normal prosesor?

Sebelum kami mengkaji langkah menanggulangi prosesor overheat, kudu kami ketahui lebih-lebih dahulu berapakah temperatur normal prosesor dan bagaimana prosesor selanjutnya mampu menimbulkan panas.

Prosesor beroperasi bersama membiarkan dan memblokir jalannya tanda listrik. Sinyal listrik ini bakal membuahkan daya panas. Dalam situasi normal, daya panas ini bakal disuplai oleh kipas prosesor dan unit pendingin untuk menjaga suhu prosesor di dalam ambang normal / optimal.

Secara umum, suhu normal prosesor bakal berkisar antara 30 hingga 65 ° C kala istirahat dan di dalam kisaran 65 hingga 90 ° C untuk pekerjaan berat (game dan pemutaran video).

Temperatur processor dikatakan normal jika belum melebihi ambang batas temperatur maksimum yang digunakan. Jika melebihi batas maksimal maka sebuah processor bakal mengalami throttling, dimana processor bakal memperlambat kerjanya untuk jauhi kerusakan. Selama kala ini, lebih dari satu prosesor lain bakal mati secara otomatis saat capai ambang suhu maksimum.
Memeriksa pengaturan kipas sasis

Dalam masalah komputer, lebih dari satu kipas dipasang untuk menjaga suhu peralatan di dalamnya tetap optimal. Namun kala memasang kipas angin, sebaiknya perhatikan arah angin indoor dan outdoor cocok bersama arah kipas angin. Ini menjaga aliran udara (aliran udara) komputer di dalam situasi baik.
Memeriksa situasi kipas housing

Anda mampu melaksanakan ini bersama memeriksa apakah seluruh kipas berfaedah kala komputer Anda aktif. Selain itu, disarankan untuk bersihkan kipas dari debu yang terkumpul pada bilah kipas dari kala ke kala untuk menjaga sirkulasi udara tetap teratur.
Memeriksa situasi pendinginan prosesor

Untuk memeriksa pendingin prosesor, Anda kudu terhubung casing komputer lebih-lebih dahulu.
Sesuaikan sirkulasi udara di dalam ruangan

Temperatur dan sirkulasi udara di di dalam ruangan secara tidak segera mempengaruhi temperatur processor dan komputer. Ini gara-gara panas yang dikeluarkan oleh peralatan komputer (termasuk prosesor) dievakuasi ke di dalam ruangan. Jika ruangan tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik, panas bakal menumpuk seiring waktu, mengakibatkan suhu ruangan dan komputer jadi panas. Selain itu, suhu lingkungan (suhu ruangan) terhitung mampu mempengaruhi suhu prosesor.
Prosesor tegangan rendah

Undervoltage prosesor adalah proses pengurangan tegangan secara dinamis di seluruh prosesor. Dengan mengurangi tegangan ini, mengonsumsi daya dan panas yang dihasilkan mampu dikurangi. Oleh gara-gara itu, tegangan rendah terhitung mampu turunkan suhu prosesor. Dalam praktiknya, Intel dan AMD mempunyai software tidak sama untuk undervoltage.
Batasan pemanfaatan prosesor

Dengan halangi kinerja maksimum prosesor, Anda terhitung mampu jauhi suhu yang terlampau tinggi. Namun, Anda cuma mampu mengfungsikan prosesor di dalam batas ini. Misalnya: prosesor yang berlangsung pada 3 GHz, yang dibatasi pemanfaatan maksimum 90%, cuma bakal beroperasi pada 2,7 GHz (90% dari 3 GHz).

Begitu banyak artikel mengenai langkah menanggulangi prosesor panas komputer Anda. Jika Anda mengalami ada problem melaksanakan keliru satu metode di atas, Anda mampu meninggalkan komentar di kolom berikutnya.