Cara Screenshot di Komputer Bahkan Tanpa Aplikasi

Membuat screenshot atau tangkapan layar jadi hal yang cukup diperlukan bagi beberapa orang. Entah untuk mengambil tangkapan gambar yang diperlukan atau menyimpan hal lain yang mutlak untuk disimpan. Lalu, tahukah Anda bagaimana langkah screenshot di komputer?

Screenshot atau yang didalam bhs Indonesia dikenal sebagai tangkapan layar merupakan suatu sistem untuk mengambil gambar dari suatu sistem yang tengah berlangsung di layar Anda. Baik smartphone ataupun komputer memang mempunyai fitur spesifik yang digunakan sebagai langkah untuk screenshot.
Fungsi dari screenshot atau tangkapan layar sendiri terbilang sederhana, seumpama disaat Anda tengah membaca suatu informasi mutlak yang tengah Anda buka di browser di komputer, dan Anda butuh untuk menyimpan informasi tersebut, maka gunakan screenshot tadi untuk menyimpannya.

Cara screenshot di komputer sendiri bakal tidak serupa terkecuali dikerjakan bersama smartphone. Sementara itu untuk format hasil tangkapan layar atau screenshot yang dikerjakan di komputer biasanya bakal berupa .png ataupun .jpeg tergantung pengaturan yang ada didalam komputer tersebut.

Cara Screenshot di Komputer Bahkan Tanpa Aplikasi

Nah, sesudah menyadari definisi dan fungsi dari screenshot pertanyaan saat ini adalah, bagaimana langkah screenshot di komputer ataupun laptop? Apakah langkah yang diperlukan mudah?

Maka jawabannya adalah iya. Sangat mudah sekali untuk melaksanakan tangkapan layar atau screenshot ini cuma saja, memang banyak orang yang belum untuk mengetahuinya. Bahkan untuk melaksanakan screenshot di komputer, Anda tidak wajib memasang aplikasi atau software lain. Anda cukup mengandalkan aplikasi bawaan dari komputer itu sendiri. Dalam hal ini komputer yang gunakan Operasi Sistem Windows.

1. Dengan Menggunakan Tombol PrtSc
Cara untuk screenshot di komputer yang pertama adalah bersama gunakan tombol PrtSc. Pada setiap keyboard yang ada di komputer ataupun laptop tentu terkandung sebuah tombol PrtSc yang merupakan kepanjangan dari PrintScreen. Tombol ini biasanya berada satu deret bersama tombol F1 sampai F12.

Untuk melaksanakan screenshot bersama gunakan tombol ini, Anda cuma cukup menekan tombol ini pada layar yang idamkan Anda ambil screenshotnya. Setelah itu, buka aplikasi Paint yang terhitung ada pada setiap komputer ataupun laptop, sesudah itu Paste hasil tangkapan layar yang di awalnya udah Anda ambil. Dan sesudah itu simpan hasil selanjutnya di komputer Anda.

2. Dengan Menggunakan Kombinasi Tombol Windows + Shift + S
Kemudian, langkah untuk screenshot di komputer yang kedua adalah bersama menekan tombol Windows + Shift + S secara seiring dari keyboard Anda. Setelah Anda menekan tombol paduan tersebut, layar bakal berubah jadi warna abu-abu dan sesudah itu menentukan daerah yang idamkan Anda ambil tangkapan layarnya.

Untuk menyimpan hasil screenshot selanjutnya Anda wajib terhubung aplikasi Paint ulang dan Paste kan hasil tangkapan layar selanjutnya sesudah itu Simpan/Save.

3. Dengan Menggunakan Aplikasi Snipping Tool
Cara ketiga adalah bersama gunakan aplikasi yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini terhitung biasanya terkandung pada setiap komputer dan terhitung laptop yang terpasang Operasi Windows. Anda cukup terhubung aplikasi ini dan menentukan anggota layar mana yang idamkan Anda ambil tangkapan layarnya.

Untuk menyimpan hasil screenshot terhitung bakal lebih mudah yakni bersama mengklik ikon Save yang berada pada anggota atas aplikasi tersebut. Hasil tangkapan layar Anda saat ini udah tersimpan di komputer dan bisa Anda gunakan apa saja untuk keperluan.

4. Dengan Menggunakan Aplikasi Game Bar
Pada Windows 10 udah dibekali bersama fitur Game Bar yang terlalu mungkin kami untuk merekam video ataupun mengambil tangkapan layar di komputer ataupun laptop kita.

Caranya terhitung cukup mudah, Anda cuma wajib untuk terhubung Game Bar dan sesudah itu tekan tombol Windows + Alt + PrtSc secara bersamaan. Dan hasil dari screenshot layar ini bisa Anda menyaksikan di Data C anggota Videos.

Nah, itulah 4 langkah screenshot di komputer paling mudah dan sederhana yang bisa Anda praktikkan tanpa wajib gunakan aplikasi lain ulang tak hanya gunakan fitur bawaan Windows. Bagaimana? Sudah tidak bingung ulang kan?