Klasifikasi Software

Meskipun fungsi penting fitur lunak merupakan bagaikan perantara antara perangkat keras dengan user, pada pemakaian fitur lunak nyatanya dibagi dalam sebagian tipe. Ada pula pengelompokan aplikasi merupakan sebagai berikut:

1. Aplikasi Berdasarkan Jenisnya

Operating System( sistem operasi), ialah fitur lunak yang berperan buat mengatur serta mengkoordinasikan tiap bagian serta guna pc. Sebagian ilustrasi operating sistem merupakan; Windows, Linux, UNIX, DOS.

Programming Language( Bahasa Pemrograman), ialah fitur lunak yang berperan bagaikan pemberi instruksi standar yang mengaitkan sintak serta semantik yang digunakan buat mendeskripsikan sesuatu program aplikasi pc( computer application program). Sebagian contoh Bahasa Pemrograman merupakan; PHP, Java, Microsoft Visual Basic.

Application Program( Program Aplikasi), ialah fitur lunak yang mempunyai guna khusus, misalnya aplikasi buat pengajuan, aplikasi akuntansi, serta lain serupanya. Sebagian contoh Program Aplikasi merupakan; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice. org, dan lainnya.

2. Aplikasi Bersumber pada Distribusinya

Freeware, ialah fitur lunak yang bisa dipunyai serta dipakai dengan cara free tanpa batasan durasi khusus. Umumnya fitur lunak tipe ini mempunyai fitur yang kurang komplit serta tidak maksimum.

Adware, ialah aplikasi yang dapat diperoleh serta dipakai dengan cara free tetapi dengan imbalan terdapatnya promosi yang timbul di pc user.

Spyware, ialah fitur lunak yang terbuat spesial buat mengawasi seluruh kegiatan konsumen pc. Umumnya aplikasi tipe ini banyak disalahgunakan, misalnya buat mencuri informasi dari pc lain.

OpenSource, ialah aplikasi yang isyarat sumbernya bisa dibuka, diubah- ubah, ditingkatkan, serta disebarluaskan. Umumnya aplikasi jesni ini bisa didapat dengan cara free serta bisa dibesarkan oleh orang lain dengan sertifikat GPL( General Public License).

Shareware, ialah peranti lunak buat kebutuhan khusus yang dibagikan dengan cara free, umumnya bagaikan unjuk rasa dengan fitur terbatas serta penggunaannya buat durasi terbatas( misalnya 30 hari).