Pengertian Dan Macam-Macam Linux

 

Pengertian Dan Macam-Macam Linux  РLinux merupakan sistem operasi bebasis UNIX salah satu semisal hasil pengembangan perangkat lunak bebas (Freeware) dan sumber terbuka (Open Source), kebanyakan pengguna OS Linux adalah Programmer untuk membawa dampak suatu program dan termasuk developer untuk mengembangkan aplikasinya lebih mudah.

Ada Macam Jenis Sistem Operasi Linux, antara lain debian linux (OS untuk server), Redhat Linux (penginstalan yang enteng untuk pemula), SuSe linux (OS linux yang menopang bahasa program bahasa indonesia). Untuk lebih jelasnya simak beberapa Macam Jenis Sistem Operasi Linux di bawah ini:
Macam Jenis Sistem Operasi Linux
1. Red Hat Linux
Apabila kalian tengah mencari macam jenis sistem operasi Linux yang sistem menginstallnya terlampau enteng untuk di lakukan. Maka jawaban kalian adalah Redhat Linux. Sistem operas RedHat Linux merupakan salah satu GNU/Linux yang tergolong sudah tua, menawarkan kemudahan, mode tampilan yang sepenuhnya grafis menjadi sementara instalasi, dan penggunaan yang ramah.

Versi paling akhir Red Hat adalah Distribusi RedHat Linux 9.0, ini merupakan versi stabil dan perbaikan serta peningkatan administrasi sistem yang dilengkapi dengan desktop manager terbaru seperti KDE 3.1 dan GNOME 2.2 dan aplikasi terbaru seperti grafis GIMP 1.2.3, OpenOffice, KOffice, Diagram, aplikasi Multimedia Player, dll.

2. Debian Linux

Debian adalah salah satu jenis dari macam-macam sistem operasi Linux yang sudah lama ada sejak tahun 1999 lalu dan konsisten dikembangkan secara tertib tiap-tiap tahunnya sampai saat ini sudah memasuki versi 8.

Jika kalian tengah mencari sistem operasi yang cocok untuk komputer server atau untuk komputer admin. Maka jawabannya adalah sistem operasi Debian Linux gara-gara sistem operasi ini sebenarnya cocok bila di jadikan sebagai komputer server atau admin.

Macam jenis sistem operasi Linux yang satu ini kurang cocok digunakan untuk target personal gara-gara fungsinya lebih diperuntukkan pada penggunaan di sistem komputer server dan admin.

3. Ubuntu Linux

Ubuntu merupakan jenis sistem operasi Linux yang dasarnya dikembangkan dari Debian. Bedanya sistem operasi ubuntu ini dapat digunakan tidak cuma pada komputer server dan komputer admin saja tapi termasuk dapat dan scocok untuk penggunaan pada komputer personal atau pribadi. Proyek Ubuntu sendiri dibiayai oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).

Semenjak itu, Canonical sudah merilis versi Ubuntu yang baru tiap-tiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kekeliruan (bug). Setiap 2 tahun sekali (versi xx.04 dengan x angka genap) dapat beroleh Long Term Support (LTS), selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server.

Bahkan pada versi terbaru termasuk dikondisikan untuk penggunaan di perangkat smartphone. Oleh gara-gara itu, sistem operasi Linux jenis ini jadi yang paling banyak dipakai dari sekian macam-macam sistem operasi Linux yang ada. Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth menginformasikan bahwa Ubuntu 14.04 dapat menopang smartphone, tablet, dan smart TV.