Rekomendasi 3 Software Akuntansi Paling Banyak Digunakan Perusahaan

Pengertian umum software akuntansi

levitra – Software akuntansi adalah program komputer yang dirancang untuk mengumpulkan semua transaksi yang terjadi di suatu perusahaan dan mengolahnya menjadi jurnal akuntansi, dan secara otomatis menghasilkan laporan keuangan lengkap yang dibutuhkan oleh perusahaan. Software tersebut menggunakan sistem manajemen Database.

Dengan menggunakan software ini, banyak pengguna dapat bekerja sama dalam satu database tanpa mengganggu pekerjaan satu sama lain dan memperbarui data satu sama lain di database. Saat ini software yang dikembangkan di Indonesia belum banyak, namun beberapa software akuntansi Tailer Made (pesanan khusus) telah banyak digunakan di perusahaan menengah keatas di Indonesia.

Harga software memang cukup mahal, yaitu bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupee, namun jika dibandingkan dengan hasil laporan keuangan yang lengkap dan akurat serta dapat mendukung perkembangan perusahaan, harga tersebut tidak diragukan lagi menjadi faktor kuantitatif baik tidaknya perusahaan. perusahaan menggunakan software atau tidak.

3 Software akuntansi teratas yang paling umum digunakan oleh perusahaan Indonesia

Dari uraian di atas, saya ingin memperkenalkan 3 paket terpopuler yang digunakan oleh perusahaan Indonesia.

SOFTWARE ACCURATE

Software ACCURATE adalah software akuntansi paket asli buatan Indonesia yang dikembangkan oleh PT Cipta Piranti Sejahtera sejak tahun 2000. Hingga akhir tahun 2017, Accurate Software dilaporkan telah digunakan oleh lebih dari 300.000 perusahaan di Indonesia. Karena isinya sesuai dengan PSAK (Peraturan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia), software ACCURATE juga telah digunakan sebagai mata kuliah praktikum untuk laboratorium akuntansi komputer di lebih dari 70 universitas terkemuka dan ratusan sekolah kejuruan. Selain itu, ACCURATE Software juga memenangkan TOP BRAND Award dari Top Brand Award 2017.

Saat ini Accurate telah merilis software di Accurate Desktop dan Accurate Online, sehingga pengguna dapat memilih software mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Software Accurate Desktop cocok untuk perusahaan yang hanya memiliki satu kantor bisnis, dan semua aktivitas perusahaan dilakukan di kantor ini, sedangkan Accurate Online cocok untuk perusahaan dengan banyak cabang atau pimpinan perusahaan yang ingin memantau aktivitas perdagangan perusahaan kapanpun dan dimanapun.

ZAHIR Accounting

Zahir Accounting adalah salah satu software dari Indonesia dan salah satu software akuntansi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Fungsi dan modul yang disediakan oleh Zahir Accounting hampir sama dengan Software Akurat. Bedanya jika Accurate Software menjual paket lengkap, Zahir akan menjual software untuk setiap modul yang dibutuhkan perusahaan.

Misalkan ada sebuah perusahaan hanya membutuhkan modul persediaan, Zahir hanya dapat menjual modul persediaan, dan modul lain juga dapat dijual (buat software akuntansi sendiri). Selain itu, Zahir juga menggunakan dongle (sejenis USB) yang harus dicolokkan ke komputer untuk mengontrol lisensinya, berbeda dengan Accurate yang hanya mendaftarkan nomor kode lisensinya ke dalam program. Zahir juga banyak digunakan sebagai mata kuliah praktikum di lab komputer akuntansi oleh beberapa universitas.

MYOB Accounting

MYOB adalah software buatan Australia dan merupakan pionir dari banyak software akuntansi yang berkembang di Indonesia. Sebelum mendirikan Accurate and Zahir Software, MYOB telah menguasai pasar software keuangan di Indonesia, dan MYOB banyak digunakan sebagai kursus magang laboratorium akuntansi di beberapa kampus terkemuka.

Namun, banyak perusahaan yang telah berubah dari MYOB menjadi Accurate karena fitur-fitur buatan luar negeri, karena Accurate telah merilis update software untuk merespon lebih cepat perubahan peraturan akuntansi dan perpajakan di Indonesia.

Itulah tiga software akuntansi yang paling banyak digunakan di perusahaan-perusahaan Indonesia, semoga bisa menjadi referensi untuk Anda dalam memilih software yang sesuai dengan perusahaan Anda.